Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

B2P3 Riau Perkenalkan Pembuatan Piring Dari Lidi Pelepah Sawit


PEKANBARU|B2P3RIAU.COM - Inspirasi membuat piring dari pelepah kelapa sawit ini sudah dilakukan oleh sejumlah masyarakat di Indonesia, terutama kaum perempuan yang memanfaatkan lidi pelepah kelapa sawit untuk dianyam menjadi  piring cantik.

Lidi yang tadinya dibuang oleh masyarakat diolah lagi, setelah dibersihkan dengan arit, dijemur untuk kemudian dijadikan bahan dasar untuk sejumlah kerajinan. Bentuk kerajinannya bermacam-macam, mulai dari piring, pot bunga, topi, keranjang buah dan bermacam aneka kerajinan lain.

Demikian dikatakan Ketua B2P3 Riau Oyong Tanjung yang didampingi Ketua Bidang Penelitian, Perlindungan, Pemberdayaan Perempuan & Anak Mikke Farlina, saat menghadiri kegiatan pembuatan piring dari pelepah sawit di sekretariat B2P3 Riau jalan Wolter Mongisidi nomor 5 Pekanbaru. Sabtu (13/03/2021).

"Jika sebelumnya pelepah sawit dibuang sebagai sampah tak berguna, kini hal tersebut bisa kita jadikan sebagai kerajinan yang bisa membantu ekonomi keluarga disaat masa pandemi ini," kata Oyong Tanjung.

Sebagian masyarakat telah mendapatkan pemasukan dari lidi pelepah pohon sawit, di luar buah kelapa sawit yang selama ini menjadi gantungan sebagian masyarakat. Pendapatan dari olahan limbah itu juga tak terhitung kecil.

“Sekarang, lidi-lidi tersebut telah menjadi sumber yang bernilai rupiah bagi tangan-tangan terampil,” tambah Oyong Tanjung.

Sementara itu, instruktur pembuatan piring dari lidi pelepah sawit Fairus Ruspianti mengatakan, dengan kegiatan ini kami memperkenalkan kerajinan pembuatan piring berasal dari lidi sawit.

"Lidi sawit dapat kita manfaatkan untuk membuat piring dan kerajinan lainnya. Dan kerajinan ini dapat mengangkat ekonomi keluarga," kata Fairus Ruspianti.

Perkebunan kelapa sawit yang sangat luas di beberapa daerah, pemanfaatan pelepah kelapa sawit ini bisa terus ditingkatkan. Tentunya juga perlu muncul inovasi-inovasi baru, tak hanya memproduksi piring anyaman, namun juga peralatan rumah tangga lain yang hampir serupa. Bahkan bisa pula dijadikan sebagai souvenir yang menjadi ciri khas daerah penghasil sawit. (E Syamsir)

Posting Komentar

1 Komentar