Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Masyarakat Berharap Segera Ditangani, Supaya Tidak Ada Kejadian Pohon Tumbang


PEKANBARU|B2P3RIAU.COM - Saat musin hujan datang masyarakat yang melintasi dijalan Tanjung Datuk tepatnya disamping Kantor Lurah Pesisir Kecamatan Lima Puluh merasa was was karena pohon besar yang kemiringan dan ketinggian sudah melampaui batas normal.



Mereka meminta Pemerintah Kota Pekanbaru segera melakukan penanganan terhadap pohon tua yang sudah merusak dan merobohkan pagar Kantor Lurah Pesisir tersebut.

"Kami harap secepatnya ditangani, supaya kejadian pohon pohon tumbang yang menewaskan beberapa orang karena tertimpa pohon tumbang tidak terjadi di sini," kata Agus warga yang biasa melintas dipersimpangan Tanjung Datuk - Sultan Syarif Qasim Pekanbaru.

Pantauan redaksi dilapangan Minggu (7/3/21), pagar tembok samping Kantor Lurah Pesisir sudah roboh dan yang dibelakangnya retak retak akibat akar pohon.

Dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 05/PRT/M/2012 tentang penanaman pohon pada sistem jaringan jalan, diterangkan jenis tanaman tidak boleh melebihi tinggi kabel pada tiang listrik, pohon yang ditanam harus diatur agar bayangan pohon tidak menutupi pancaran cahaya lampu jalanan dan jarak pohon minimum 9 meter. 

Kriteria tanaman yang akan ditanam harus memenuhi kriteria berdasarkan tujuan penanaman dan kondisi lokasi jalan yang akan ditanam. Kriteria tanaman jalan yang akan ditanaman harus memperhatikan sifat dan kondisi organ-organ tanaman serta umur tanaman.

Secara klasik, tanaman terdiri dari tiga organ dasar yaitu akar, batang dan daun. Organ-organ lain dapat digolongkan sebagai organ sekunder karena terbentuk dari modifikasi organ dasar. Beberapa organ sekunder dapat disebut sebagai organ aksesori, karena fungsinya tidak vital. Beberapa organ sekunder penting yaitu bunga, buah, biji dan umbi diperlukan dalam reproduksi.

Kriteria tanaman jalan berdasarkan kondisi organ tanaman adalah sebagai berikut:

1. Akar

a. Tidak merusak struktur jalan;

b. Kuat;

c. Bukan akar dangkal.

2. Batang

a. Kuat/Tidak mudah patah;

b. Tidak bercabang di bawah.

3. Dahan/Ranting

a. Tidak mudah patah;

b. Tidak terlalu menjuntai ke bawah sehingga menghalangi pandangan.

4. Daun

a. Tidak mudah rontok;

b. Tidak terlalu rimbun;

c. Tidak terlalu besar sehingga jika jatuh tidak membahayakan pengguna jalan.

5. Bunga

a. Tidak mudah rontok;

b. Tidak beracun.

6. Buah

a. Tidak mudah rontok;

b. Tidak berbuah besar;

c. Tidak beracun.

7. Sifat lainnya:

a. Cepat pulih dari stress salah satu cirinya dengan mengeluarkan tunas baru;

b. Tahan terhadap pencemaran kendaraan bermotor dan industri.      (E_S)

Posting Komentar

0 Komentar